Deskripsi Dewan Pertimbangan Mahasiswa ( DPM ) Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) merupakan organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga legislatif yang memiliki tugas membuat undang-undang, sebagai pengontrol, dan wadah aspirasi guna terciptanya birokrasi yang transparan, bertanggungjawab, adil dan berintegritas di lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Dalam menjalankan tugasnya Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) memiliki empat komisi yaitu, anggaran, legislasi, kontroling dan aspirasi.

DPM Poltekkes Kemenkes Bengkulu memiliki beberapa tujuan tugas dan wewenang, diantaranya ;

  1. Tugas DPM Poltekkes Kemenkes Bengkulu :

Melakukan revisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga DPM Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Melakukan pengawasan dan pertimbangan revisi Angaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu.

Melakukan evaluasi dan pengawasan setiap kegiatan organisasi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap laporan pertanggung jawaban setiap kegiatan BEM, HMJ, HMP, dan UKM Poltekkes Kemenkes Bengkulu selama 1 tahun kepengurusan yang menggunakan uang iuran mahasiswa. Mewadahi aspirasi seluruh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Pelaksanaan tugas Musyawarah Besar, Musyawarah Luar Biasa, Sidang Paripurna, Sidang Istimewa dan Pemilihan Umum Raya Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

2.Wewenang DPM Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Memperoleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BEM, UKM, HMJ, dan HMP Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Memperoleh rancangan program kerja BEM, UKM, HMJ, dan HMP Poltekkes Kemenkes Bengkulu selambat-lambatnya 14 hari setelah pelantikan.

Laporan pertanggungjawaban di setiap kegiatan BEM, UKM, HMJ, dan HMP Poltekkes Kemenkes Bengkulu selama 1 tahun kepengurusan yang menggunakan uang iuran mahasiswa.

Jika laporan pertanggungjawaban tidak diberikan dari batas waktu yang telah ditentukan maka uang iuran mahasiswa untuk kepengurusan selanjutnya sampai laporan pertanggungjawaban pada tahun sebelumnya diberikan.

Laporan pertanggungjawaban di setiap kegiatan HMJ dan HMP Poltekkes Kemenkes Bengkulu selama 1 tahun kepengurusan yang menggunakan uang iuran mahasiswa.

Memberi peringatan kepada pengurus DPM dan BEM Poltekkes Kemenkes Bengkulu yang melakukan pelanggaran, dengan mempertimbangkan dan rekomendasi masing-masing ketua organisasi yang bersangkutan dengan menambahkan BA secara tertulis pada surat peringatan ke tiga.

DPM Poltekkes Kemenkes Bengkulu juga ikut bergabung dalam organisasi nasional yaitu, Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI), dimana organisasi tersebut merupakan lembaga yang beranggotakan mahasiswa legislatif indonesia yang bergerak ke bidang legislatif, seperti proses pengambilan keputusan, membahas isu-isu -isu terkini didalam masyarakat dengan tujuan agar terbinanya kekeluargaan antara lembaga legislatif mahasiswa, akademis, pencipta, pengabdian yang berketuhanan dan tanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur. Tidak hanya berorientasi pada pengurus Pusat FL2MI juga memiliki pengurusan wilayah, dan untuk wilayah Bengkulu sendiri memiliki kepengurusan FL2MI wilayah Bengkulu dimana DPM Poltekkes Kemenkes Bengkulu tergabung ke dalamnya dan ikut andil dalam setiap kegiatan.

Pada Kepengurusan DPM Poltekkes Kemenkes Bengkulu Periode 2021 beranggotakan 34 orang pengurus dengan perwakilan dari setiap Jurusan di Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Dengan Rincian Nama dalam Struktur Kepengurusan DPM Poltekkes kemenkes Bengkulu periode tahun 2021 sesuai Surat Keputusan Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu